Sabtu, 20 November 2010

Gorengan, French Fries dan Akrilamida yang Berbahaya


Akrilamida. Tentunya hal yang akan saya bahas ini terdengar asing bagi pembaca. Namun tahukah bahwa senyawa ini banyak terdapat pada makanan yang kitas santap sehari-hari? Nah sekarang saya akan membahas Akrilamida dan bahayanya pada makanan. Semoga bermanfaat...

Akrilamida (atau akrilik amida ) adalah senyawa kimia dengan rumus kimia C3H5NO. Akrilamida berwarna putih, tidak berbau, berbentuk kristal padat serta larut dalam air,etanol,eter dan kloroform .

Akrilamida Sebagian besar digunakan untuk mensintesis polyacrylamides , yang banyak digunakan sebagai pengental air.Akrilamida juga digunakan dalam perawatan air limbah, elektroforesis gel ( SDS-PAGE ), pembuatan kertas dan pengolahan bijih/logam. Beberapa akrilamida digunakan dalam pembuatan pewarna dan pembuatan monomer lainnya.

Akrilamida juga terdapat pada banyak makanan yang dimasak tepung. Akrilamida secara tidak sengaja ditemukan dalam makanan pada bulan April 2002 oleh ilmuwan di Swedia ketika mereka menemukan bahan kimia dalam tepung makanan, seperti keripik kentang , kentang goreng , dan roti yang telah dipanaskan (produksi akrilamida dalam proses pemanasan terbukti bergantung pada suhu).Akrilamida ini tidak ditemukan dalam makanan yang telah direbus atau dalam makanan yang tidak dipanaskan.


Apa saja yang menyebabkan munculnya Akrilamida?

1. Merokok
Asap rokok merupakan sumber utama akrilamida.

2. Minuman
Perkiraan untuk proporsi akrilamida dalam 'diet orang dewasa yang berasal dari konsumsi kopi berkisar 20-40 persen; jus prune memiliki konsentrasi tinggi akrilamida, meskipun orang dewasa mengkonsumsi dalam jumlah yang jauh lebih kecil.

3.Metode Memasak yang mempengaruhi banyaknya akrilamida
Akrilamida tidak dapat dihasilkan dalam perebusan, dan makanan mentah sangat sedikit mengandung jumlah akrilamida yang terdeteksi.Memanggang hingga kecoklatan atau menggoreng yang terlalu lama akan menghasilkan akrilamida, dan-memasak makanan lebih mungkin menghasilkan sejumlah besar akrilamida

Apa Bahaya Akrilamida?

  • menyebabkan kerusakan pada reproduksi kelenjar pada laki-laki 
  • mengiritasi selaput lendir, misalnya, hidung , dan juga bisa menyebabkan berkeringat
  • inkontinensia urin, mual
  • gangguan bicara
  • kesemutan
  • kaki dan tangan melemah .
  • menyebabkan pembongkaran atau penataan filamen intermediate
  • kanker kandung kemih, usus besar dan ginjal
  • meningkatnya risiko kanker endometrium dan ovarium postmenopause

Tingkat Aman akrilamida

Pada bulan Juni 2002, Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan laporan tentang implikasi kesehatan akrilamida dalam makanan.
CATATAN: WHO dan FAO menentukan batas aman sebesar 0,5 mg / kg berat badan per hari hanya berkaitan dengan neuropati.Belum ada batas makanan aman akrilamida kanker karena jumlah data yang relatif terbatas. Mengacu pada tabel di bawah ini untuk jumlah akrilamida dalam makanan, dalam satu hari, anak dapat makan 13 kg (29 lb) kentang goreng Perancis, perempuan itu bisa minum 86 kg (~ 86 L, atau 23 gal AS) dari prune jus, dan orang itu bisa makan 29 kg (64 lb) kentang panggang oven, dan masing-masing dari mereka akan memiliki kurang dari 50 persen dari NOAEL akrilamida.

Food Makanan AA concentration AA konsentrasi
(μg/kg) (Mg / kg)
Portion size Bagian ukuran
(g) (G)
AA per portion AA per porsi
(µg) (Mg)
Kentang goreng (OB) 698 70 48.8
Prune juice 174 140 24.4
Kentang goreng (RF) 334 70 23.3
Postum 93 240 22.3
Keripik kentang 546 30 16.4
Zaitun hitam kalengan 550 15 8.2
Sarapan sereal 131 55 7.3
Kopi seduh 8.5 240 3.2

*(adapted from Table: Top Eight Foods by Acrylamide Per Portion , page 17)


Cara Sederhana Mengurangi Dampak Akrilamida

  • Goreng dalam kisaran suhu 145-170 ° C (293-338 ° F) untuk kentang goreng yang renyah
  • kentang goreng dan kentang panggang dimasak menjadi warna kuning keemasan daripada coklat keemasan.
  • Roti panggang dengan warna ringan (tidak terlalu coklat) dapat diterima. 
  •  Kurangi konsumsi kentang goreng dan gorengan pada restoran Fast Food
  • Kurangi merokok dan menghirup asap rokok



    Sumber : Wikipedia

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar